Kamis, 07 Juni 2012

MINI PROYEK


Penggunaan Teknologi Informasi dan Komunikasi
sebagai media belajar dikalangan anak SMA
 
Pendahuluan
Tidak dapat dipungkiri bahwa proses perkembangan edukasi di zaman ini tentu juga melibatkan kemajuan teknologi yang tengah berkembang pada saat ini.  Teknologi dapat dimanfaatkan sebagai sebuah media pembantu dalam dunia pendidikan dan tentunya dalam proses belajar. Dalam bidang pendidikan, Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) banyak memiliki peranan. Teknologi Informasi telah menggantikan fungsi buku, guru dan sistem pengajaran yang sebelumnya masih bersifat tertib dan teratur. Tetapi, teknologi  itu sendiri adalah merupakan hal yang kompleks, terutama bagi para pelajar. Maka dari itu, kelompok kami memilih tema “Peran Teknologi sebagai Media Pembelajaran pada Siswa”. Dalam hal ini, kami ingin membahas  bagaimana proses  pemanfaatan teknologi dalam dunia pendidikan  dan proses belajar, terutama Teknologi  Informasi dan Komunikasi oleh para pelajar di sekolah-sekolah tingkat menengah keatas sebagai media belajarnya, sehingga kami menentukan untuk memilih judul “Penggunaan Teknologi Informasi dan Komunikasi sebagai media belajar dikalangan anak SMA”.
Teknologi Informasi dan Komunikasi itu sendiri pun tentu mempunyai dampak positif atau pun negatif bagi dunia pendidikan. Hal ini didukung oleh banyak faktor yang mempengaruhinya dan dapat terlihat dari segi sistem pendidikan, sarana pendidikan, penyaluran, penyampaian sampai penerimaan pendidikan itu sendiri. Teknologi dalam dunia pendidikan memegang peranan yang penting, terutama setelah berkembangnya Teknologi Informasi dan Komunikasi seperti komputer, hp, smartphone, netbook, PC tablet, dan lain-lain. Peranan teknologi saat ini berpengaruh dalam  hal penyampaian materi. Pendidikan yang memasukkan unsur teknologi di dalammya, juga mendukung prinsip konstruktivisme yang merupakan inti  dari filsafat pendidikan.
LandasanTeori
Konstruktivisme merupakan komponen terpenting dari integrasi teknologi. Konstruktivis memerupakan suatu pandangan mengenai bagaimana seorang belajar, yaitu menjelaskan bagaimana manusia membangun pemahaman dan pengetahuannya mengenai  dunia sekitarnya melalui pengenalan terhadap benda-benda di sekitarnya yang direfleksikan melalui pengalamannya (Piaget, 1967). Untuk mengimplementasikan konstruktivisme di dalam kelas, guru harus berkeyakinan bahwa  peserta didik ketika dating kekelas otaknya tidak kosong dengan pengetahuan. Mereka dating ke dalam situasi belajar dengan pengetahuan, gagasan, dan pemahaman yang sudah ada dalam pikiran mereka. Jika sesuai, pengetahuan awal inilah yang merupakan materi dasar untuk pengetahuan baru yang akan mereka kembangkan.
Prinsip – prinsip dari Konstruktivisme adalah:
1.     Siswa membawa pengetahuan awal yang khas dan keyakinan – keyakinan pada situasi pembelajaran.
2.     Pengetahuan dibangun secara unik dan individu atau personal.
3.     Belajar merupakan proses yang aktif dan reflektif.
4.     Belajar adalah proses membangun
5.     Interaksi sosial mengenalkan perspektifan pada pembelajaran.
6.     Belajar dikendalikan secara internal dan di mediasi oleh siswa.
Berdasarkan teori di atas, maka kami ingin meneliti dan mengetahui beberapa hal sebagai berikut:
a.     Dampak Positif dan Negatif yang didapatkandari TIK sebagai media belajar siswa.
b.     Kemahiran serta pemahaman siswa dalam pengunaan media – media elektronik sebagai media belajar siswa.
c.     Pemanfaatan sebagai penyelesaian tugas sekolah.
Tujuann Penelitian :
a.     Untuk mengetahui dampak dan peran TIK sebagai media belajarsiswa
b.     Untuk mengetahui seberapa penting penggunaan sarana TIK bagi para siswa SMA
c.     Untuk mengetahui pemahaman apa saja yang dapat melalui TIK
d.     Untuk mengetahui sampai dimana kemahiran para siswa dalam menggunakan media elektronik dalam belajar.
Alat-alat dan bahan yang digunakan dalam proses penelitian :
§  Alat-alat tulis (Buku, kertas dan pena)
§  Kamera
§  Handphone
§  Laptop
§  Reward untuk Koresponden
§  Printer
§  Modem
Koresponden yang diteliti :
25 Orang Siswa-Siswi dari berbagai SMA dan kelas yang mengikuti Bimbingan Belajar di Einstein Collage.
Metode yang digunakan :
Pengambilan data dilakukan melalui proses penyebaran angket terhadap koresponden yang telah dipilih. Adapun pertanyaan - pertanyaan yang diajukan dalam angket tersebut adalah:
1.         Bagaimana tanggapan anda mengenai perkembangan teknologi saat ini ? (khususnya perkembanganTIK)
2.         Apa saja dampak positif maupun negatif dari perkembangan teknologi saat ini ?
3.         Apakah perkembangan TIK saat ini sudah bermanfaat sebagai media belajar bagi anda ? Jelaskan!
4.         Apakah anda dapat mengoperasikan berbagai media elektronik dengan baik dan benar ?
5.         Media elektronik apa sajakah yang paling sering anda gunakan sebagai media belajar ? Seberapa seringkah anda menggunakannya ?
6.         Apakah anda cukup mengenal dunia internet ?
7.         Seberapa mahirkah anda menggunakan fasilitas internet sebagai media belajar ?
8.         Apakah anda termasuk orang yang update akan perkembangan teknologi dan pendidikan saat ini ?
9.         Apakah semua mata pelajaran di sekolah anda menuntut anda untuk menggunakan teknologi ? Jelaskan!
10.       Apabila guru memberikan tugas dan pekerjaan rumah, apakah anda lebih memilih untuk mencari jawaban dari buku atau dari internet ? Jelaskan!
Analisis Data :
Setelah data hasil penyebaran angket diperoleh, maka kelompok mencari kesimpulan dari jawaban - jawaban yang diberikan oleh koresponden. Hasil kesimpulan tiap koresponden akan digabung dan ditarik kesimpulan. Jawaban - jawaban yang paling banyak muncul atau mendekati  akan dijadikan garis besar dalam kesimpulan akhir.
Perencanaan :
Minggu ke II April 2012         : Penentuan Topik
Minggu ke III April 2012       : Pembahasan masalah teknik
Minggu ke IV April 2012       : Pengurusan Surat Izin
Minggu ke I Mei 2012            : Permintaan Izin kepada Einstein Collage
Minggu ke II Mei 2012           : Pengambilan Data dari Koresponden
Minggu ke III Mei 2012         : Penyelesaian Akhir Tugas Mini Proyek
Kalkulasi Biaya :    
-           Foto Copy dan Print : Rp. 12.500
-           Pembelian Reward   : Rp.  62.000 +
                                                Rp. 74.500
Pelaksanaan :
24 April 2012 : Penentuan Topik
28 April 2012 : Pembahasan masalah teknik
26 April 2012 : Pelaporan Sementara Perkembangan Hasil Mini Proyek
05 Mei 2012   : Pengurusan Surat Izin
08 Mei 2012   : Permintaan Izin kepada Einstein Collage
25 Mei 2012   : Pengambilan Data dari Koresponden
04 Juni 2012   : Penyelesaian Akhir Tugas Mini Proyek
05 Juni 2012   : Pembuatan Poster
06 Juni 2012   : Penyelerasan dan Diskusi Kelompok Hasil Tugas Mini Proyek sebelum diposting
Pelaporan Hasil Penelitian dan Kesimpulan :
      Sejalan dengan perkembangan zaman, kemajuan teknologi sekarang ini semain maju dan berkembang pesat serta mempunyai peran yang sangat aktif bagi manusia. Teknologi (Internet) merupakan media komunikasi yang paling banyak digunakan dimana setiap pengguna lainnya diseluruh dunia. Teknologi juga merupakan bagian dari pendidikan yang sebagai media belajar diberbagai kalangan.
      Selain itu, perkembanagan pesat beberapa Teknologi Informasi dan Komunikasi lainnya seperti Internet berhasil mempengaruhi dikalangan para remaja. Beberapa contoh hasil dari perkembangan teknologi komunikasi adalah hadirnya internet, smartphone, tablet dan lain sebagainya. Hal ini menyebabkan akses informasi menjadi semakin cepat dan menjadi sumber informasi yang baik dalam segi positif atau negatif.
 
     Dampak Positif :
1.     Sebagai media untuk mencari Informasi atau Data sebagai salah satu sumber informasi yang penting dan akurat.
2.     Bisa digunakan sebagai bahan informasi untuk bidang pendidikan, kebudayaan dan lain-lain.
3.     Mudah berkomunikasi dengan pengguna lainnya dari seluruh dunia.
4.     Mempermudan proses pembelajaran.
5.     Sebagai sarana hiburan, beberapa pernagkat hasil dari teknologi komunikasi menyediakan fasilitas permainan, audio, dan video.
 
 
Dampak Negatif :
1.     Secara Psikologis, Kecanduan atau ketergantungan yang dapat merespon segala stimulus yang diberikan oleh penggunanya.
2.     Terjadinya Violence and Coore (Kekejaman dan Kesaisan yang ditampilkan dalam Internet)
3.     Terjadinya Cyber Crime (Tindak Kejahatan Kriminal)
4.     Dapat merusak moral seseorang (Seperti; Pornografi, Anti Sosial Behaviour)
5.     Malas belajar dan mengerjakan tugas.
Desain Informatif :


Evaluasi :
Semuanya terjadi tidak sesuai dengan yang diharapkan sebelumnya. Keseluruhan jadwal pelaksanaan tidak sesuai dengan jadwal yang telah direncanakan. Ini semua terjadi karena komunikasi serta peran antar anggota kelompok yang tidak teorganisir dengan baik. Ditambah lagi dengan tugas-tugas dari mata kuliah lain yang deadline-nya tidak diduga sebelumnya yang cukup menyita waktu dan pikiran juga. Kami mengucapkan syukur kepada Tuhan YME, akhirnya kami dapat juga menyelesaikan tugas ini dengan baik dan semampu kami.
Testimoni :
Aisyah Huwaida Siregar (111301065)
Tugas ini sungguh menyita waktu dan pikiran. Saya berharap hasil dari penelitian kami ini dapat memberikan manfaat yang berarti. Saran saya terhadap masyarakat untuk dapat menggunakan fasilitas Teknologi Informasi dan Komunikasi ini secara wajar dan sesuai kebutuhan serta mengawasi penggunaanya oleh pihak-pihak lain yang mungkin tidak bertanggung jawab.
 
Merinda Rika (111301001)
Diharapkan kepada masyarakat pada umumnya dan para remaja khususnya untuk menggunakan pikirannya dalam memanfaatkan dan menggunakan Teknologi Informasi dan Komunikasi secara sesuai dengan kondisi agar dampak negatif dari teknologi komunikasi tidak terjadi.
 
Agnes Oktavia (111301021)
Diharapkan kepada siswa untuk dapat memanfaatkan Teknologi Informasi dan Komunikasi dengan sebaiknya untuk dapat menghasilkan dampak yang positif dari Teknologi Infomasi dan Komunikasi serta berusaha untuk mengurangi dampak negative dari Teknologi Informasi dan Komunikasi tersebut.
 
Christine Natalia (111301127)
Menurut saya Teknologi informasi dan Komunikasi adalah hal yang baik yang harus dimanfaatkan dan di kuasai oleh Remaja Indonesia zaman sekarang . karena Teknologi adalah hal yang sudah diwajibkan oleh dunia untuk dikuasai zaman sekarang ini . melalui Teknologi akan didapatkan info info mengenai apapun tanpa batas di dunia ini,alangkah baiknya jika warga Indonesia khususnya Remaja Indonesia untuk memanfaatkannya dengan baik agar tidak ketinggalan dengan Negara maju lainnya.
 
 
Daftar Pustaka :
- John W. Santrock. Psikologi Pendidikan, Edisi Kedua.
-
http://www.scribd.com/doc/25175419/Integrasi-Teknologi-Informasi-dan-Komunikasi-Dalam-Pembelajaran
- http://wartawarga.gunadarma.ac.id/2011/03/peranan-teknologi-informasi-dalam-dunia-psikologi-pendidikan/
- DR. Munir, M.IT. Kurikulum Berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar