Penggunaan
Teknologi Informasi dan Komunikasi
sebagai
media belajar dikalangan anak SMA
Pendahuluan
Tidak dapat dipungkiri bahwa proses
perkembangan edukasi di zaman ini tentu juga melibatkan kemajuan teknologi yang
tengah berkembang pada saat ini. Teknologi dapat dimanfaatkan sebagai sebuah
media pembantu dalam dunia pendidikan dan tentunya dalam proses belajar. Dalam bidang
pendidikan, Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) banyak memiliki peranan. Teknologi
Informasi telah menggantikan fungsi buku, guru dan sistem pengajaran yang
sebelumnya masih bersifat tertib dan teratur. Tetapi, teknologi itu sendiri adalah merupakan hal yang
kompleks, terutama bagi para pelajar. Maka dari itu, kelompok kami memilih tema
“Peran Teknologi sebagai Media Pembelajaran pada Siswa”. Dalam hal ini, kami
ingin membahas bagaimana proses pemanfaatan teknologi dalam dunia pendidikan dan proses belajar, terutama Teknologi
Informasi dan Komunikasi oleh para pelajar di sekolah-sekolah tingkat menengah keatas
sebagai media belajarnya, sehingga kami menentukan untuk memilih judul “Penggunaan Teknologi Informasi dan Komunikasi
sebagai media belajar dikalangan anak SMA”.
Teknologi Informasi dan Komunikasi itu sendiri
pun tentu mempunyai dampak positif atau pun negatif bagi dunia pendidikan. Hal
ini didukung oleh banyak faktor yang mempengaruhinya dan dapat terlihat dari segi
sistem pendidikan, sarana pendidikan, penyaluran, penyampaian sampai penerimaan
pendidikan itu sendiri. Teknologi dalam dunia pendidikan memegang peranan yang
penting, terutama setelah berkembangnya Teknologi Informasi dan Komunikasi seperti
komputer, hp, smartphone, netbook, PC tablet, dan lain-lain. Peranan teknologi saat
ini berpengaruh dalam hal penyampaian materi. Pendidikan yang memasukkan
unsur teknologi di dalammya, juga mendukung prinsip konstruktivisme yang
merupakan inti dari filsafat pendidikan.
LandasanTeori
Konstruktivisme
merupakan komponen terpenting dari integrasi teknologi. Konstruktivis memerupakan
suatu pandangan mengenai bagaimana seorang belajar, yaitu menjelaskan bagaimana
manusia membangun pemahaman dan pengetahuannya mengenai dunia sekitarnya melalui pengenalan terhadap benda-benda
di sekitarnya yang direfleksikan melalui pengalamannya (Piaget, 1967). Untuk mengimplementasikan
konstruktivisme di dalam kelas, guru harus berkeyakinan bahwa peserta didik ketika dating kekelas otaknya tidak
kosong dengan pengetahuan. Mereka dating ke dalam situasi belajar dengan pengetahuan,
gagasan, dan pemahaman yang sudah ada dalam pikiran mereka. Jika sesuai,
pengetahuan awal inilah yang merupakan materi dasar untuk pengetahuan baru yang
akan mereka kembangkan.
Prinsip – prinsip dari Konstruktivisme adalah:
1. Siswa membawa pengetahuan awal yang khas dan
keyakinan – keyakinan pada situasi pembelajaran.
2. Pengetahuan dibangun secara unik dan individu atau
personal.
3. Belajar merupakan proses yang aktif dan reflektif.
4. Belajar adalah proses membangun
5. Interaksi sosial mengenalkan perspektifan pada pembelajaran.
6. Belajar dikendalikan secara internal dan di mediasi oleh
siswa.
Berdasarkan teori di atas, maka kami
ingin meneliti dan mengetahui beberapa hal sebagai berikut:
a.
Dampak Positif
dan Negatif yang didapatkandari TIK sebagai media belajar siswa.
b.
Kemahiran
serta pemahaman siswa dalam pengunaan media – media elektronik sebagai media
belajar siswa.
c.
Pemanfaatan
sebagai penyelesaian tugas sekolah.
Tujuann Penelitian
:
a. Untuk
mengetahui dampak dan peran TIK sebagai media belajarsiswa
b. Untuk
mengetahui seberapa penting penggunaan sarana TIK bagi para siswa SMA
c. Untuk
mengetahui pemahaman apa saja yang dapat melalui TIK
d. Untuk
mengetahui sampai dimana kemahiran para siswa dalam menggunakan media
elektronik dalam belajar.
Alat-alat
dan bahan yang digunakan dalam proses penelitian :
§ Alat-alat
tulis (Buku, kertas dan pena)
§ Kamera
§ Handphone
§ Laptop
§ Reward
untuk Koresponden
§ Printer
§ Modem
Koresponden
yang diteliti :
25 Orang Siswa-Siswi dari berbagai SMA dan
kelas yang mengikuti Bimbingan Belajar di Einstein Collage.
Metode
yang digunakan :
Pengambilan data dilakukan melalui
proses penyebaran angket terhadap koresponden yang telah dipilih. Adapun
pertanyaan - pertanyaan yang diajukan dalam angket tersebut adalah:
1. Bagaimana
tanggapan anda mengenai perkembangan teknologi saat ini ? (khususnya
perkembanganTIK)
2. Apa
saja dampak positif maupun negatif dari perkembangan teknologi saat ini ?
3. Apakah
perkembangan TIK saat ini sudah bermanfaat sebagai media belajar bagi anda ?
Jelaskan!
4. Apakah
anda dapat mengoperasikan berbagai media elektronik dengan baik dan benar ?
5. Media
elektronik apa sajakah yang paling sering anda gunakan sebagai media belajar ?
Seberapa seringkah anda menggunakannya ?
6. Apakah
anda cukup mengenal dunia internet ?
7. Seberapa
mahirkah anda menggunakan fasilitas internet sebagai media belajar ?
8. Apakah anda
termasuk orang yang update akan perkembangan teknologi dan pendidikan saat ini
?
9. Apakah semua
mata pelajaran di sekolah anda menuntut anda untuk menggunakan teknologi ?
Jelaskan!
10. Apabila guru
memberikan tugas dan pekerjaan rumah, apakah anda lebih memilih untuk mencari
jawaban dari buku atau dari internet ? Jelaskan!
Analisis
Data :
Setelah data hasil penyebaran angket diperoleh,
maka kelompok mencari kesimpulan dari jawaban - jawaban yang diberikan oleh
koresponden. Hasil kesimpulan tiap koresponden akan digabung dan ditarik
kesimpulan. Jawaban - jawaban yang paling banyak muncul atau mendekati akan dijadikan garis besar dalam kesimpulan
akhir.
Perencanaan
:
Minggu ke II April 2012 : Penentuan Topik
Minggu ke III April 2012 : Pembahasan masalah teknik
Minggu ke IV April 2012 : Pengurusan Surat Izin
Minggu ke I Mei 2012 : Permintaan Izin kepada Einstein
Collage
Minggu ke II Mei 2012 : Pengambilan Data dari Koresponden
Minggu ke III Mei 2012 : Penyelesaian Akhir Tugas Mini Proyek
Kalkulasi
Biaya :
- Foto Copy dan Print :
Rp. 12.500
- Pembelian
Reward : Rp. 62.000 +
Rp. 74.500
Pelaksanaan
:
24 April 2012 : Penentuan Topik
28 April 2012 : Pembahasan masalah
teknik
26 April 2012 : Pelaporan Sementara
Perkembangan Hasil Mini Proyek
05 Mei 2012 : Pengurusan Surat Izin
08 Mei 2012 : Permintaan Izin kepada Einstein Collage
25 Mei 2012 : Pengambilan Data dari Koresponden
04 Juni 2012 : Penyelesaian Akhir Tugas Mini Proyek
05 Juni 2012 : Pembuatan Poster
06 Juni 2012 : Penyelerasan dan Diskusi Kelompok Hasil Tugas Mini Proyek
sebelum diposting
Pelaporan
Hasil Penelitian dan Kesimpulan :
Sejalan
dengan perkembangan zaman, kemajuan teknologi sekarang ini semain maju dan
berkembang pesat serta mempunyai peran yang sangat aktif bagi manusia.
Teknologi (Internet) merupakan media komunikasi yang paling banyak digunakan
dimana setiap pengguna lainnya diseluruh dunia. Teknologi juga merupakan bagian
dari pendidikan yang sebagai media belajar diberbagai kalangan.
Selain
itu, perkembanagan pesat beberapa Teknologi Informasi dan Komunikasi lainnya
seperti Internet berhasil mempengaruhi dikalangan para remaja. Beberapa contoh
hasil dari perkembangan teknologi komunikasi adalah hadirnya internet,
smartphone, tablet dan lain sebagainya. Hal ini menyebabkan akses informasi
menjadi semakin cepat dan menjadi sumber informasi yang baik dalam segi positif
atau negatif.
Dampak Positif :
1.
Sebagai media untuk mencari Informasi
atau Data sebagai salah satu sumber informasi yang penting dan akurat.
2.
Bisa digunakan sebagai bahan informasi
untuk bidang pendidikan, kebudayaan dan lain-lain.
3.
Mudah berkomunikasi dengan pengguna
lainnya dari seluruh dunia.
4.
Mempermudan proses pembelajaran.
5.
Sebagai sarana hiburan, beberapa
pernagkat hasil dari teknologi komunikasi menyediakan fasilitas permainan,
audio, dan video.
Dampak Negatif :
1. Secara Psikologis, Kecanduan atau
ketergantungan yang dapat merespon segala stimulus yang diberikan oleh
penggunanya.
2.
Terjadinya Violence and Coore
(Kekejaman dan Kesaisan yang ditampilkan dalam Internet)
3.
Terjadinya Cyber Crime (Tindak
Kejahatan Kriminal)
4.
Dapat merusak moral seseorang (Seperti;
Pornografi, Anti Sosial Behaviour)
5.
Malas belajar dan mengerjakan tugas.
Desain Informatif :
Evaluasi
:
Semuanya terjadi tidak sesuai dengan
yang diharapkan sebelumnya. Keseluruhan jadwal pelaksanaan tidak sesuai dengan
jadwal yang telah direncanakan. Ini semua terjadi karena komunikasi serta peran
antar anggota kelompok yang tidak teorganisir dengan baik. Ditambah lagi dengan
tugas-tugas dari mata kuliah lain yang deadline-nya tidak diduga sebelumnya
yang cukup menyita waktu dan pikiran juga. Kami mengucapkan syukur kepada Tuhan
YME, akhirnya kami dapat juga menyelesaikan tugas ini dengan baik dan semampu
kami.
Testimoni
:
Aisyah Huwaida Siregar (111301065)
Tugas ini sungguh menyita waktu dan
pikiran. Saya berharap hasil dari penelitian kami ini dapat memberikan manfaat
yang berarti. Saran saya terhadap masyarakat untuk dapat menggunakan fasilitas
Teknologi Informasi dan Komunikasi ini secara wajar dan sesuai kebutuhan serta
mengawasi penggunaanya oleh pihak-pihak lain yang mungkin tidak bertanggung
jawab.
Merinda Rika (111301001)
Diharapkan kepada masyarakat pada
umumnya dan para remaja khususnya untuk menggunakan pikirannya dalam
memanfaatkan dan menggunakan Teknologi Informasi dan Komunikasi secara sesuai
dengan kondisi agar dampak negatif dari teknologi komunikasi tidak terjadi.
Agnes Oktavia (111301021)
Diharapkan kepada siswa untuk dapat
memanfaatkan Teknologi Informasi dan Komunikasi dengan sebaiknya untuk dapat
menghasilkan dampak yang positif dari Teknologi Infomasi dan Komunikasi serta
berusaha untuk mengurangi dampak negative dari Teknologi Informasi dan
Komunikasi tersebut.
Christine Natalia (111301127)
Menurut saya Teknologi informasi dan
Komunikasi adalah hal yang baik yang harus dimanfaatkan dan di kuasai oleh
Remaja Indonesia zaman sekarang . karena Teknologi adalah hal yang sudah
diwajibkan oleh dunia untuk dikuasai zaman sekarang ini . melalui Teknologi
akan didapatkan info info mengenai apapun tanpa batas di dunia ini,alangkah
baiknya jika warga Indonesia khususnya Remaja Indonesia untuk memanfaatkannya
dengan baik agar tidak ketinggalan dengan Negara maju lainnya.
Daftar
Pustaka :
- John
W. Santrock. Psikologi Pendidikan, Edisi Kedua.- http://www.scribd.com/doc/25175419/Integrasi-Teknologi-Informasi-dan-Komunikasi-Dalam-Pembelajaran
- http://wartawarga.gunadarma.ac.id/2011/03/peranan-teknologi-informasi-dalam-dunia-psikologi-pendidikan/
- DR. Munir, M.IT. Kurikulum Berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar