Kamis, 21 Juni 2012

PENDIDIKAN ANAK LUAR BIASA



            Istilah "pendidikan luar biasa" atau "pendidikan khusus" adalah terjemahan dari "special education". Hingga awal tahun 1970-an Special education didefinisikan sebagai profesi yang dimaksudkan untuk mengelola variabel-variabel pendidikan guna mencegah, mengurangi, atau menghilangkan kondisi-kondisi yang mengakibatkan gangguan-gangguan yang signifikan terhadap keberfungsian anak dalam bidang akademik, komunikasi, lokomotor, atau penyesuaian, dan anak yang menjadi targetnya disebut "exceptional children" ("anak berkelainan" atau "anak luar biasa" (Smith et al., 1975).
Sistem Pendidikan Anak Luar Biasa :

1. Sistem Pendidikan Segregasi : dilaksanakan terpisah dari anak normal
  • Adanya rasa ketenangan pada anak luar biasa
  • Sarana dan prasarana yang sesuai
  • Kesesuaian metode pembelajaran
  • Namun sosialisasi terbatas dan pendidikan relatif mahal

2. Sistem Pendidikan Inntegrasi : dilaksanakan bersama-sama dengan anak yang normal
  • Merasa diakui kesamaan haknya
  • Lebih banyak bersosialisasi
  • Menumbuhkan motivasi belajar


Tidak ada komentar:

Posting Komentar